Blogroll

Thursday, March 21, 2013

Bab 1 - Konsepsi Dasar Kewirausahaan

       Wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan risiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dengan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.

       Dibawah ini ada beberapa definisi mengenai kewirausahaan :

a. Wirausahawan adalah seseorang yang menemukan gagasan baru dan selalu berusaha menggunakan     sumber daya yang dimiliki secara optimal untuk mencapai tingkat keuntungan tertinggi.

b. Wirausahawan adalah orang yang memiliki pandangan yang tidak lazim, yaitu orang yang dapat mengenali potensi atas barang atau jasa. Wirausahawan akan bereaksi terhadap perubahan ekonomi dan kemudian menjadi pelaku dalam mengubah permintaan menjadi produksi.

c. Wirausahawan adalah orang yang memiliki seni dan keterampilan tertentu dalam menciptakan usaha yang baru.

d. Wirausahawan adalah orang yang dapat melihat cara-cara yang ekstrem dan mau mengubah sesuatu yang tidak bernilai atau bernilai rendah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

       Dari beberapa definisi diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai pandangan berbeda dengan orang lain, mereka mampu berfikir lebih kreatif dan mempunyai pandangan yang lebih luas.

Ciri dan Sikap Kewirausahawan :
1. Percaya Diri
Percaya diri merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai, melakukan, dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.
2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil
Artinya, seorang wirausahawan harus fokus pada tujuan dan hasil. Apa pun pekerjaan yang dilakukan harus jelas pula hasil yang akan didapatkan.
3. Berani Mengambil Risiko
Setiap pekerjaan pasti ada risikonya, begitu pun dengan sebuah usaha. Maka dari itu, risiko merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha, karena tidak mungkin ada usaha yang berhasil tanpa sebuah risiko.
4. Kepemimpinan
Sikap kepemimpinan harus dimiliki oleh setiap wirausahawan, baik untuk memimpin dirinya sendiri maupun untuk memimpin bawahannya dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan bersama.
5. Keorisinilan
keorisinilan dan keunikan dari suatu barang atau jasa merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang diterapkan, mereka harus bertindak dengan cara-cara yang baru. Intinya bahwa kewirausahawan harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
6. Berorientasi pada Masa Depan
Wirausahawan akan terus berupaya untuk berkarya dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada saat ini. Pandangan ini menjadikan wirausahawan tidak cepat merasa puas dengan hasil yang diperoleh saat ini sehingga terus mencari peluang.

       Berdasarkan ciri-ciri wirausahawan diatas dapat diidentifikasikan sikap atau perilaku seorang wirausahawan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :
1. Disiplin
2. Komitmen Tinggi
3. Jujur
4. Kreatif dan Inovatif
5. Mandiri
6. Realistis



Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

0 comments:

Post a Comment