Blogroll

Tuesday, June 18, 2013

Bab 8 - Mengelola Keuangan Usaha

Wirausahawan yang teliti adalah seorang wirausahawan yang mampu mengelola keuangan dengan baik. Dalam pengelolaan keuangan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Sumber/asal modal uang yang diperlukan untuk menjalankan usahanya. Hal ini menyangkut permodalan usaha.
  • Penggunaan dan pengaturan keuangan perusahaan dengan sebaik-baiknya.
  • Peningkatan profitabilitas/keuntungan usaha.
Dalam suatu perusahaan terdapat tiga macam modal yang harus dikelola dengan baik.


1. Modal Investasi Awal

Modal investasi awal merupakan jenis modal yang harus dikeluarkan pada awal dimulainya usaha, dan biasanya digunakan untuk jangka panjang. Contohnya kendaraan, komputer, dan peralatan kantor. Nilai dari modal ini sangat besar tetapi akan menyusut dari tahun ke tahun.


2. Modal Kerja

Modal kerja merupakan modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau membuat barang yang akan dijual ke pelanggan. Modal kerja ini dapat dikeluarkan setiap bulan, atau pada waktu-waktu tertentu ketika ada pesanan terhadap barang yang dijual. Tanpa modal kerja, wirausaha tidak dapat menyelesaikan order atau tidak memiliki barang dagangan. Contoh modal kerja adalah bahan baku dan bahan penolong.


3. Modal Operasional

Modal operasional adalah modal yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari suatu usaha, seperti pembayaran gaji karyawan, PLN, air, bahkan retribusi.


Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

0 comments:

Post a Comment