Pages - Menu

Pages

Tuesday, June 18, 2013

Bab 9 - Merancang Strategi Pemasaran

Semua aktivitas pemasaran diarahkan untuk memengaruhi konsumen agar membeli barang atau jasa yang kita tawarkan dan mereka merasakan suatu kepuasan tersendiri keberhasilan dalam memasarkan prosuk bergantung pada kualitas tempat, produk, harga, dan promosi. Selain itu, juga ditentukan oleh apakah produk tersebut dapat menjadi leader (pemimpin) produk dan menjadi acuan produk lain, memenuhi target pada segmen pasar tertentu, dan memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain. Faktor lain adalah unsur manusia yang berperan serta dalam pemasaran. SDM pemasaran harus dapat mengatur diri sendiri, berbuat sesuai dengan ketentuan, dan membuat konsumen puas dan bangga.

1. Pemasaran
kurangnya pemahaman para pengusaha tentang pentingnya pemasaran selama ini mengakibatkan kurangnya upaya untuk meningkatkan kualitas pemasarannya. pengusaha kecil berfikiran bahwa peningkatan biaya overload akan meningkatkan efesiensi atau perputaran barang, sementara peningkatan biaya untuk pemasaran hanya menghasilkan keuntungan yang belum jelas.
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, pada waktu yang tepat dan lokasi yang tepat  pula. Kondisi tersebut memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. 

Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal berikut:

1. pembeli melakukan pembelian ulang
dengan memberikan kepuasan terhadap konsumen biasanya menumbulkan dorongan pembeli untuk datang kembali dengan melakukan pembelian ulang. Kepuasan pembeli dapat terjadi dan dirasakan mulai dari kedatangannya ke lokasi usaha Anda sehingga mereka menggunakan barang yang telah dibelinya merasa mendapatkan nilai-nilai tertentu sesuai harapannya.

2. Pembeli merekomendasikan Produk ke Orang Lain
Dari nilai yang didapatkan oleh pelanggan atau konsumen sebelumnya dimana mereka merasa puas dan bangga menggunakan produk tersebut, biasanya membuat seseorang untuk bercerita dan berani merekomendasikan kepada teman, sahabat, kenalan, atau keluarganya agar membeli produk yang pernah atau sedang digunakannya.

Untuk mendapatkan hasl pemasaran yang sesuai, maka secara umum dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut:
a. pengenalan pasar : pemasar mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya. dari situ kita akan menilai apakah kita sanggup memenuhi kebutuhan pembeli.
b. Strategi Pemasaran : Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.
c. Bauran pemasaran : merupakan alat yang digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih ( baik produk, harga, lokasi/tempat, maupun promosi) dan usaha usaha lain dalam penyampaian nilai sehingga sesuai dengan keinginan pembeli yang akan dituju.
d. Evaluasi Pemasaran : dilakukan untuk melihat keberhasilan usaha-usaha pemasaran yang telah dilakukan, perlukah dilakukan perbaikan-perbaikan atau koreksi-koreksi.



Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

No comments:

Post a Comment